Centennial College Merintis Pendidikan Keuangan Syariah di Kanada

Oleh: Yogie Respati
Sumber: Republika, Senin 15 Februari 2010, hal. 20

Program studi keuangan Islam semakin diminati di Barat. Berbagai perguruan tinggi terkemuka seperti Centennial College di Toronto segera mengikuti jejak koleganya di Barat.

Toronto — Sejak krisis ekonomi global melanda untuk ke sekian kalinya pada tahun lalu, dunia kini mulai melirik sistem ekonomi syariah. Seiring dengan kian meningkatnya permintaan akan industri keuangan syariah, otomatis menimbulkan kebutuhan sumber daya manusia profesional di bidang tersebut.

Untuk merespon kebutuhan industri yang diperkirakan akan mencapai aset 1 triliun dolar AS inilah Centennial College yang berada di Toronto menawarkan kelas keuangan syariah. Kelas tersebut akan ditawarkan dalam bentuk online dan dibimbing oleh akademisi syariah yang juga merupakan ahli keuangan.

Pimpinan Centennial College, John Harris, mengatakan, kelas itu akan mulai dibuka pada September, namun kini pihaknya telah membuka kelas musim sepi bagi para staf yang bekerja di bank besar. Dia menambahkan, dengan memberi pelatihan bagi para staf bank mengenai struktur bisnis keuangan syariah, maka diharapkan bank dapat menarik minat para nasabah komunitas Islam tersebut.

Dengan penawaran kelas keuangan syariah, Centennial College pun menjadi lembaga pendidikan pertama di Kanada yang membuka program tersebut. “Kami membuka kelas untuk menjawab kebutuhan pelatihan di industri ini karena salah satu pasar yang tumbuh pesat di Kanada adalah komunitas bisnis Islam di Toronto dan Vancouver,” kata Harris, sebagaimana dikutip Globeinvestor, Jumat (12/2). Meningkatnya minat masyarakat dunia terhadap industri keuangan Islam, lanjut Harris, juga karena didorong oleh meningkatnya jumlah dana di kawasan Teluk.

Centennial College yang didirikan tahun 1961 ini menampung 14 ribu mahasiswa penuh (full time student) yang terbagi dalam delapan fakultas. Dalam fakultas bisnis (school of business) menawarkan 30 program studi.

Kelas keuangan syariah yang dikembangkan oleh Chartered Institute for Securities & Investment yang berbasis di Inggris inipun sejatinya diluncurkan untuk mempersiapkan kandidat SDM mumpuni untuk memegang posisi utama di industri keuangan syariah global. Dalam kelas tersebut mahasiswa akan mendapatkan program akuntansi dan layanan keuangan syariah. Harris menuturkan saat ini Centennial College baru merekrut satu orang pengajar, namun jika peminat kelas tersebut cukup tinggi maka pihaknya akan merekrut lebih banyak tenaga pengajar.

Sebelumnya, anggota Komite Keuangan Kanada, John McCallum, menyarankan agar wilayah Greater Toronto Area (GTA) dijadikan sebagai pusat (global hub) keuangan Islam, sektor keuangan yang paling cepat berkembang dengan pertumbuhan 20% per tahun sejak 2001. Sebuah studi firma hukum Stikemen Elliot memproyeksikan jumlah Muslim di Kanada akan mencapai antara 3,7 – 4,9 persen populasi pada 2017.

Salah satu produk keuangan Islam yang kian diminati di Kanada adalah pembiayaan perumahan terutama dengan skema sewa-beli (ijarah muntahiya bitamlik). Kajian lembaga hipotek Canada Mortgage and Housing Corp menyatakan bahwa tidak ada ganjalan dari segi hukum Kanada untuk skema pembiayaan seperti itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s