9 Januari 2012
Sumber: www.telegraph.co.uk

David Cameron memperingatkan bahwa euro hanya akan bertahan jika negara-negara lemah lebih kompetitif, atau Jerman menyerahkan sebagian kekayaannya.

David Cameron mengatakan penting sekali menangani “keterpecahan daya saing fundamental” antara ekonomi Jerman yang kuat dan negara-negara selatan yang lemah.

Tn. Cameron mengeluarkan peringatan kepada para pemimpin zona euro hari ini bahwa mereka perlu mengambil beberapa “langkah amat menentukan” jika ingin mata uang tunggal tersebut tetap hidup.

Sang Perdana Menteri berkata dirinya percaya “hasil paling mungkin” adalah euro akan bertahan, meski sekarang sedang terjadi krisis utang.

Tapi dia menekankan bahwa dalam jangka panjang penting sekali menangani “keterpecahan daya saing fundamental” antara ekonomi Jerman yang kuat dan negara-negara selatan yang lemah.

“Saya pikir hasil paling mungkin adalah, ya, euro akan bertahan tapi perlu mengambil beberapa langkah amat menentukan,” katanya kepada Boulton & Co (Sky News).

“Ada langkah jangka pendek berupa penambalan untuk mencegah penularan ke seluruh Eropa, sebuah penyelesaian yang jauh lebih menentukan bagi Yunani yang masih dirundung masalah, memperkuat bank-bank Eropa. Tapi itu hanya jangka pendek. Jangka panjangnya adalah kita harus mengatasi fakta bahwa ada kekurangan daya saing antara Jerman di satu sisi dan banyak negara selatan Eropa di sisi lain. Anda tak bisa memiliki mata uang tunggal dengan keterpecahan daya saing fundamental tersebut, kecuali Anda mentransfer kekayaan secara masif dari satu wilayah Eropa ke wilayah lainnya.”

Komentarnya keluar bersamaan dengan peringatan Nick Clegg hari ini bahwa Eropa hanya dapat mengatasi krisis ekonomi dengan bersatu dan menghindari “rivalitas dan pengucilan yang tak perlu”.

Berusaha berbaikan dengan para pemimpin Eropa tak lama setelah David Cameron memveto pakta, Deputi Perdana Menteri itu bersikukuh: “Kita takkan menyelesaikan krisis ini dengan berpecah-belah.”

Dia berbicara kepada sesama kaum liberal dari seantero Eropa dalam pertemuan Whitehall untuk membahas tantangan ekonomi yang dihadapi benua tersebut.

Itu terjadi setelah Perdana Menteri mengirim gelombang kejut kepada koalisi dan hubungan Inggris dengan Eropa dengan memveto pakta baru Uni Eropa yang dirancang untuk mengatasi persoalan yang dihadapi zona euro.

Tn. Clegg, seorang pro-Eropa yang kukuh, berusaha meyakinkan kembali para sekutunya di Eropa sewaktu mereka berkumpul di Admiralty House hari ini.

“Kita hanya bisa mengatasi persoalan ini dengan bersatu,” katanya.

“Pelajaran yang kita peroleh berulangkali di Eropa, dan membebani kita, adalah bahwa kita lebih kuat ketika bersatu dan lebih lemah ketika terpecah. Penting sekali bekerja sebagai kaum liberal, di berbagai negara kita, dengan berbagai cara, untuk mempromosikan persatuan ketimbang perpecahan dan kerjasama ketimbang rivalitas dan pengucilan yang tak perlu.”

Deputi Perdana Menteri dari Liberal Demokrat tersebut juga memperingatkan bahwa penghematan fiskal tidaklah cukup dan harus dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.

“Kita takkan menyelesaikan krisis ekonomi ini dengan penghematan ekonomi saja. Disiplin fiskal, penghematan fiskal adalah syarat yang mutlak diperlukan untuk melangkah maju, tapi itu tak cukup untuk perekonomian Eropa,” katanya.

Di antara mereka yang bergabung dengan Tn. Clegg untuk makan siang dan diskusi meja bundar adalah Olli Rehn (Komisioner Eropa untuk urusan ekonomi dan moneter), perdana menteri Belanda Mark Rutte, dan menteri perkonomian Jerman Phillip Roesler.

Tn. Clegg berkata: “Persatuan akan membawa kita melewati krisis ini secara lebih baik ketimbang perpecahan, dan pertumbuhan ekonomi akan membawa kita melewati krisis ini sedangkan penghematan fiskal semata tidak bisa.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s