Oleh: Josh Rogin
Kamis, 17 Desember 2009
Sumber: thecable.foreignpolicy.com

Komandan Centcom AS Jend. David Petraeus mengatakan pekan lalu bahwa Uni Emirat Arab, sekutu kunci AS di Teluk Persia, punya kemampuan untuk menggagahi AU Iran.

“Angkatan Udara UEA mampu menghancurkan seluruh AU Iran, saya percaya, mengingat mereka sudah punya…sekitar 70 jet tempur Block 60 F-16, yang lebih baik daripada F-16 AS,” kata Petraeus dalam konferensi baru-baru ini di Bahrain yang diadakan oleh International Institute for Strategic Studies.

Dalam perkembangan terkait, perjanjian nuklir baru antara AS dan UEA mulai berlaku hari ini, dengan upacara penandatanganan yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Urusan Pengendalian Senjata Ellen Tauscher dan dubes UEA Yousef Al Otaiba.

“Di dunia masa kini, kita harus menemukan jalan untuk memenuhi tuntutan energi bersih dan mengakui hak semua bangsa untuk menempuh penggunaan kekuatan nuklir dalam tujuan damai. Tapi kita perlu mencapai keseimbangan ini tanpa menaikkan resiko proliferasi senjata dan material nuklir,” kata Tauscher.

Dia memuji UEA yang menyetujui impor bahan bakar nuklir, ketimbang memproduksinya lewat pemrosesan ulang atau pengayaan. Tauscher juga memuji UEA sebagai mitra dalam kampanye mencegah Iran memperoleh senjata nuklir.

Perjanjian itu, sering disebut sebagai perjanjian 123, menyediakan alih teknologi dan keterampilan nuklir kepada UEA sebagai ganti komitmennya terhadap standar nonproliferasi. (Sementara itu, masih ada kekhawatiran bahwa para anggota keluarga berkuasa Ras Al Khaimah di UEA sedang memfasilitasi transfer senjata gelap ke Iran.)

Presiden Obama menyampaikan perjanjian tersebut ke Kongres pada bulan Mei. Itu dinegosiasikan dan ditandatangani oleh pemerintahan terdahulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s