11 Desember 2016
(Sumber: www.eramuslim.com)

Profesor Ilmu Sosial Norwegia, Johan Galtung, memprediksi Amerika Serikat akan runtuh setelah tahun 2020 mendatang, di mana Presiden AS terpilih Donald Trump akan mempercepat proses tersebut.

“Saat ini Amerika Serikat telah memasuki tahap yang sangat kritis dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS ke-45,” tulis Johan dalam artikel terbitannya di surat kabar The Independent, Inggris.

johan-galtungJohan melanjutkan, “Berkuasanya Trump di Gedung Putih akan mempercepat runtuhnya Amerika Serikat. Saya memprediksi AS tidak akan berdiri setelah tahun 2020 karena akan runtuh.”

Menurutnya sikap dan kritik Trump terhadap Pakta Pertahanan Atalantik Utara (NATO) menunjukkan Amerika tidak akan menjadi bagian besar dalam NATO. Sikap ini akan dibalas negara anggota NATO lainnya dengan enggan bekerja sama bersama Washington dalam perang apapun.

Perlu diketahui bahwa dalam buku Johan dengan judul “Jatuhnya Kekaisaran Amerika, dan Kemudian Apa?” terbitan tahun 2009 memprediksi Amerika Serikat akan runtuh akibat fasisme yang berkembang di negara adidaya tersebut.

Dan hal ini telah muncul ketika Trump diumumkan sebagai pemenang pemilu AS pada 8 November lalu di mana permusuhan terhadap imigran muncul begitu kuat dan memecah kekuatan negara.

Mendapat julukan “bapak” di bidang Studi Perdamaian, Johan Galtung pernah mendapatkan hadiah nobel atas prediksinya terhadap sejumlah peristiwa penting dunia seperti jatuhnya Uni Soviet, serangan 11 September dan revolusi Tiananmen Cina.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s